Sabtu, 18 Juni 2011 | By: Adnin Qasifa

Top 10 Universities and Colleges in The World

Kali ini saya akan mencoba menginfokan tentang universitas terbaik yang ada di dunia. Iseng-iseng searching di: http://www.4icu.org/top200/

Silahkan dinikmati dan mudah-mudahan bagi yang ingin kuliah di luar negeri, info ini dapat menjadi referensi dan memicu semangat kita untuk menimba ilmu di negeri orang.

1. Massachusetts Institute Of Technology, http://www.mit.edu/





Institut Teknologi Massachusetts (Massachusetts Institute of Technology atau MIT), adalah sebuah institusi riset dan universitas yang terletak di kota Cambridge Massachusetts, tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Back Bay di Boston, Amerika Serikat. MIT merupakan pemimpin dalam sains dan teknologi, dan juga banyak bidang lainnya, termasuk manajemen, ekonomi, linguistik, ilmu politik, dan filosofi. Departemen paling terkenal adalah Lincoln Laboratory, Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory, Media Lab, Whitehead Institute dan Sloan School of Management. 59 orang dari komunitas MIT telah memenangkan Penghargaan Nobel. MIT Didirikan pada tahun 1861 dengan Jumlah Mahasiswa sekitar 10.200.


2. Stanford University, http://www.stanford.edu/




Leland Stanford Junior University, yang lazim dikenal sebagai Stanford University adalah sebuah universitas swasta yang terletak kira-kira 60 kilometers di tenggara San Francisco dan kira-kira 30 km di timur laut San Jose di wilayah Kabupaten Santa Clara yang belum diresmikan sebagai kota. Stanford terletak di dekat kota Palo Alto, California, Amerika Serikat tepat di jantung Lembah Silikon baik secara geografis maupun historis. Universitas Stanford adalah kampus universitas kedua terbesar di dunia, dan terdiri atas Sekolah Teknik Hukum, Kedokteran Pendidikan, Bisnis, Ilmu-ilmu Bumi, dan Humaniora, serta Sains. Universitas ini mempunyai sejumlah program dan sebuah rumah sakit pendidikan dan juga berbagai kegiatan kemasyarakatan.


3. Harvard University, http://www.harvard.edu/




Harvard University adalah universitas swasta yang terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Universitas ini didirikan pada 8 September 1636 dan merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Awalnya bernama New College, ia dinamakan ulang menjadi Harvard College pada 13 Maret 1639 untuk menghormati penyumbang terbesarnya, John Harvard, seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge. Rujukan terawal yang memanggil Harvard sebagai "universitas" dan bukan "college" terjadi pada tahun 1780.


4. Universidad Nacional Autonoma de Mexico, http://www.unam.mx/




Universitas Otonom Nasional Meksiko (bahasa Spanyol: Universidad Nacional Autónoma de México) atau lebih dikenal dengan nama UNAM adalah sebuah universitas publik di Mexico City dan secara umum dianggap sebagai kampus terbesar di Mexico, sejajar dengan universitas terbaik di Amerika Serikat. Didirikan pada tanggal 22 September tahun 1910 oleh Justo Sierra sebagai alternatif liberal Katolik Roma yang disponsori Royal dan Universitas Kepausan Meksiko. Universitas ini adalah satu-satunya universitas di Meksiko dengan Hadiah Nobel di antara para alumnus: Alfonso García Robles (Perdamaian), Octavio Paz (Sastra), dan Mario Molina ( Kimia). Selain menjadi salah satu universitas yang paling diakui di Amerika Latin, gedung Kampus ini adalah salah satu yang terbesar dan paling artistik di Mexico. Kampus utamanya adalah sebuah gedung Warisan Dunia yang dirancang oleh beberapa arsitektur terbaik Meksiko abad ke-20. Murial di kampus utama dilukis oleh beberapa seniman yang paling dikenal dalam sejarah Meksiko, seperti Diego Rivera dan David Alfaro Siqueiros.


5. University of California, http://www.ucla.edu/


Universitas California adalah sebuah universitas publik yang terletak di timur Teluk San Francisco di Berkeley, California, Amerika Serikat, mengarah ke Golden Gate. Universitas ini merupakan pemimpin Universitas Riset. Program "induk"-nya dan Profesor-Profesornya terus-menerus berada di urutan atas dunia. Didirikan pada 1868, Berkeley menikmati zaman emas ilmu fisika, kimia, dan biologi pada awal 1900-an. Pada saat itu, Universitas California memimpin pengembangan Cyclotron pertama oleh Ernest O. Lawrence, isolasi virus polio manusia, dan penemuan banyak unsur kimia, termasuk plutonium, berkelium, dan californium. Pada 1960-an kampus ini terkenal ke seluruh dunia dengan lahirnya Gerakan Kebebasan Berbicara dari protes para mahasiswanya dalam menentang keterlibatan Amerika Serikat dalam Perang Vietnam. Beberapa teknologi kunci yang dikembangkan oleh universitas ini antara lain: internet, BSD Unix, dan Gerakan Sumber Perangkat lunak Terbuka. Penghargaan Nobel telah diberikan kepada 19 Profesornya yang masih aktif sekarang dan 53 orang pada masa lalu.


6. Peking University, http://en.pku.edu.cn/



Peking University adalah Universitas paling penting dalam perkembangan keilmuan di China. Kampus, yang dikenal sebagai "Yan Yuan" (taman Yan) ini terletak di Distrik Haidian di pinggiran barat Beijing dengan total luas 2.743.532 meter persegi (atau 274 hektar). Mahasiswa-mahasiswanya aktif dalam Penelitian-Penelitian Nasional tingkat dunia, antara lain: China Academy of Sciences (CAS), China Academy of Engineering (CAE), dan Dunia Ketiga Academy of Sciences. Peking University telah menjadi pusat pengajaran dan penelitian, yang mencakup cabang-cabang yang beragam seperti Pembelajaran Dasar dan Terapan, Ilmu Sosial dan Humaniora, Ilmu Kedokteran, Manajemen, dan Pendidikan.


7. University of Pennsylvania, http://www.upenn.edu/


University of Pennsylvania atau lebih dikenal dengan nama Penn adalah lembaga penelitian kelas dunia. Universitas ini paling selektif dalam penerimaan mahasiswa-mahasiswanya. Dan memliki inovasi paling tinggi di negaranya dalam hal pendidikan dan beasiswa. Univeristas ini juga terkenal indah karena berada di tengah-tengah kota dan memiliki tempat yang strategis. Kekakuan intelektual dan pandangan praktis Penn didirikan oleh Benjamin Franklin. Universitas ini memiliki prinsip dasar ysang di terapkan oleh pendirinya pada masa itu, yaitu: kewirausahaan, inovasi, penemuan, penelitian, dan cinta akan pengetahuan. Penn memiliki mahasiswa-mahasiswa tingkat sarjana yang hampir 10.000 orang berasal dari setiap negara di seluruh dunia. Secara konsisten, Pennselalu berada di 10 urutan teratas di US News & World Report Survei. Mahasiswa-mahasiswa yang mendaftar di Penn adalah lulusan dari sekolah-sekolah professional dan terbaik di negerinya, United State.


8. Cornell University, http://www.cornell.edu/


Cornell University adalah universitas swasta yang terletak di Ithaca, New York, Amerika Serikat, yang merupakan anggota Ivy League. Cornell didirikan pada tahun 1865 oleh Ezra Cornell dan Andrew Dickson White. Universitas ini didirikan dengan tujuan sebagai universitas yang memberikan kontribusi dan pengajaran dalam semua bidang pengetahuan. Cornell University mempunyai kurikulum seperti Studi Seni Liberal dan Tradisional, bidang-bidang Teknik, Pertanian, Hotel Administrasi, serta Perencanaan kota dan Daerah.


9. Shanghai Jiao Tong University, http://www.sjtu.cn/


Shanghai Jiao Tong University (SJTU), berada di bawah kendali Kementerian Pendidikan, dan termasuk kunci Pendidikan Universitas di China. Shanghai Jiao Tong University sebelumnya bernama Nang Yang Public School didirikan tahun 1896 oleh Mr. Sheng Xuanhuai. Termasuk salah satu universitas tertua di China. SJTU telah membina sejumlah besar mahasiswa di China serta berkontribusi terhadap berkembang dan kesejahteraan bangsa dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.


10. Yale University, http://www.yale.edu/

Universitas Yale adalah sebuah universitas riset swasta di New Haven, Connecticut, dan anggota Ivy League. Didirikan pada tahun 1701 di Koloni Connecticut. Universitas ini adalah universitas tertua ketiga di Amerika Serikat. Yale telah menghasilkan banyak alumni terkemuka, termasuk lima presiden AS, sembilan belas Hakim Mahkamah Agung AS, dan beberapa kepala negara asing.

Sumber: Kaskus dan Wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar